Microsoft Dituntut Langgar Paten “Live Tile”


alt
SurfCast telah menuntut Microsoft karena telah melanggar paten berkaitan dengan “live tile” yang dipakai pada Windows 8.
Berkas tuntutan telah diajukan SurfCast Selasa lalu ke pengadilan District of Maine, US District Court. Perusahaan  yang berbasis di Portland, Maine, ini menuntut sejumlah uang atas pelanggaran paten dan biaya pengacara.
Paten yang dilanggar adalah US Patent 6,724,403 yang berjudul “System and Method for Simultaneous Display of Multiple Information Sources”. Atas ciptaan dan karyanya tersebut SurfCast telah mendapatkan penghargaan pada tahun 2004.

Live tile merupakan ikon dinamis yang dipakai di Windows 8. Live tile tidak hanya ikon persegi panjang atau kotak  yang di-link ke aplikasi, yang ketika disentuh (diklik) akan menjalankan aplikasi yang diwakilinya. 
Live tile juga menampilkan informasi dari aplikasi yang diwakilinya. Misalnya live tile untuk aplikasi e-mailmenampilkan informasi jumlah e-mail baru yang masuk, atau tile aplikasi social networking menampilkan notifikasi yang berkaitan dengan akun pengguna, dan sebagainya.
Live tile telah dipakai Microsoft sejak Windows Phone 7 dan kini telah dipakai di semua versi Windows 8, termasuk juga Windows Phone 8. Live tile menjadi feature unik yang tidak dimiliki oleh iOS maupun Android.
Sejauh ini belum ada respons dari Microsoft atas tuntutan SurtCast yang menyatakan dirinya sebagai perancang teknologi sistem operasi tersebut.

No comments:

Post a Comment

Copy Paste Merupkan Pencurian Harta intelektual, Untuk itu jika Anda Ingin Copy Paste Silahkan Mencantumkan Sumbernya. Terimakasih

© e-komputer. All rights reserved.