Trik Menjadi Programmer


Belajar Salah satu bahasa pemrograman tidaklah sulit jika kita mempunyai niat dan berusaha . Di dunia Komputer , bahasa pemrograman sangatlah banyak . Mulai dari bahasa tingkat rendah hingga yang tingkat tinggi . Dulu ketika saya masih kuliah di bangku semester 1 , saya masih diajarkan memprogram komputer dengan bahasa pascal yang notabene adalah bahasa pemrograman prosedural . Tetapi beruntung bagi angkatan di bawah saya , sudah mulai diajarkan permorgaman dengan konsep OOP ( Object ORiented Programming ) yang lebih modern . Salah satu yang diajarkan adalah Bahasa C dan Java .

Nah bagi teman2 yang ingin menjadi programmer , saya sarankan untuk menguasai satu bahasa pemrograman terlebih dahulu sampai benar2 bisa . Karena jika teman2 sudah menguasai satu bahasa pemrograman maka teman2 tidak akan kesulitan jika ingin belajar bahasa pemrograman lainya . Karena kebanyakan , bahasa pemrograman cuman berbeda pada sintaks atau cara penulisanya saja .
Berikut Beberapa tips untuk menguasai Bahasa Pemrograman .
1. Niat
 Niatkanlah pada diri anda , bahwa anda harus bisa menguasai semua materi yang sedang dipelajari bagaimana pun susahnya .
2. Pantang Menyerah
 Ketika teman2 mengalami kesulitan atau menemui error dan tidak tahu cara mengatasinya , pastikan pada diri anda bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya . Biasanya jika saya mendapat kesulitan maka saya akan mencari solusi dan penjelasanya di internet
3. Masalah adalah Hikmah
 Anda tahu Thomas Edison , penemu bola lampu listrik pertama . Edison melakukan banyak kegagalan sebelum dia mendapat satu bola lampu yang berhasil . Nah ketika anda gagal atau mengalami kesulitan , itu akan membawa hikmah bagi anda kedepanya . Jadi ketika anda menemui kesalahan yang sama , maka anda tidak merasa kebingungan.
4. Waktu 
 Belajar pemrograman membutuhkan investasi waktu yang tidak sedikit . Jadi persiapkanlah waktu untuk itu . Dan suatu saat anda tidak menyadari betapa beruntungnya anda karena telah menginfestasikan waktu anda untuk belajar.
5. Modul
 Nah untuk modul biasanya saya download di internet , mulai dari Sams Publising , sitepoint dan masih banyak lagi  .
6. Aktif DI forum
 Banyak sekali forum tentang dunia pemrograman di internet . salah satu forum favorit saya adalah java.sun.com/community yang fokus di teknologi java . Dengan anda menjadi member , anda mempunyai akses untuk bertanya , menjawab atau sekedar mencari informasi.
Gampang Kan, Oke sampai disini dulu See you next time

No comments:

Post a Comment

Copy Paste Merupkan Pencurian Harta intelektual, Untuk itu jika Anda Ingin Copy Paste Silahkan Mencantumkan Sumbernya. Terimakasih

© e-komputer. All rights reserved.