Tips Menyempurnakan Pencarian

Karena Google hanya menampilkan halaman web yang mengandung semua kata kunci yang anda masukkan, memperbaiki atau mempersempit pencarian adalah semudah menambahkan beberapa kata ke kata kunci. Dengan menambahkan beberapa kata, hasil pencarian yang diperoleh dari pencarian "terlalu luas" sebelumnya. Secara garis besar, kiat-kiatnya sebagai berikut :
1.Mengecualikan kata-kata
Anda dapat mengecualikan suatu kata dari pencarian dengan menempatkan tanda minus ("-") langsung di depan kata yang dihindari (jangan lupa menempatkan satu spasi kosong sebelum tanda minus), sedangkan karakter ("~") berarti pencarian sinonim.

2.Pencarian Frase
Dengan Google, anda dapat mencari frase dengan menggunakan tanda kutip. Kata-kata yang berada di antara tanda kutip ganfa ("seperti ini") akan muncul bersama-sama dalam semua dokumen hasil pencarian (kecuali jika tanda "+". Lihat di http://www.google.com/help/basics.html#stopwords agar lebih jelas) .
Pencarian frase menggunakan tanda kutip sangat berguna ketika mencari ucapan yang terkenal atau nama-nama sesuatu.
Beberapa karakter tertentu berfungsi sebagai penghubung frase. Google mengenali tanda minus, garis miring, titik, sama dengan, dan apostrof sebagai penghubung frase.

3.Batasi Domain
Beberapa kata jika diikuti oleh sebuah titik dua mempunyai arti khusus bagi google. Salah satu contohnya adalah "site:". Untuk mencari sebuah domain atau situs khusus, gunakan sintaksis "site:namadomain.com" pada kotak pencarian google.

4.Search By Category
Google directory memberikan cara nyaman untuk menyaring hasil pencarian berdasarkan suatu topik tertentu. Misalnya, pencarian "Saturn" dalam kategori Science => Astronomy dari google directory hanya menghasilkan page mengenai saturn sebagai planet, bukan saturn sebagai mobil, saturn sebagai game, atau dalam konteks lainnya.
Searching by category memungkinkan penyempitan dengan cepat hanya pada page yang relevan bagi anda.

5.Pencarian Canggih
Menambhakan lebh banyak kata dalam satu query yang "luas" bisa membantu mempersempitnya sampai anda menemukan yang anda inginkan. Namun, Google menyediakan pula sejumlah fiture pembantu, yaitu :
  • Batasi pencarian pada page suatu site
  • Kecualikan page dari site tertentu
  • Batasi pencarian ke page dalam bahasa tertentu
  • Temukan semua page yang berkaitan dengan suatu page web
  • Temukan page yang berhubugan dengan suatu page web

No comments:

Post a Comment

Copy Paste Merupkan Pencurian Harta intelektual, Untuk itu jika Anda Ingin Copy Paste Silahkan Mencantumkan Sumbernya. Terimakasih

© e-komputer. All rights reserved.