Ubuntu 12.10 Resmi Dirilis

 alt
Ubuntu 12.10 akhirnya resmi diluncurkan pada 18 Oktober 2012 dan bisa langsung diunduh melalui situs resminya.

Yang menarik, tampilan awal situs Ubuntu terdapat kata-kata yang bisa dibilang agak provakatif yaitu 'Avoid the pain of Windows 8'. Memang sepertinya Canonical sebagai pengembang Ubuntu hendak menegaskan bahwa Ubuntu merupakan alternatif sistem operasi yang tepat bagi yang kurang puas dengan Windows 8.

Ubuntu 12.10 yang menggunakan nama Quantal Quetzal merupakan rilis ke 17 dari sistem operasi Ubuntu yang akan mendapatkan dukungan selama 2 tahun ke depan hingga April 2014. Dukungan ini berlaku bagi versi desktop maupun server.


Untuk pertama kalinya, Ubuntu tidak menghadirkan versi Live CD karena ukuran terkecil yang bisa diunduh melebihi kapasitas sekeping CD yang hanya 700 MB, sedangkan versi desktop 32-bit yang terkecil memiliki ukuran 753 MB. Versi Alternate yang merupakan versi upgrade dari Ubuntu sebelumnya juga ditiadakan.

Dipersenjatai dengan Linux kernel 3.5 dan lingkungan desktop GNOME 3.6 dengan peningkatan tampilan Unity, Ubuntu 12.10 juga membawa banyak perubahan, termasuk pembaruan aplikasi, dan beberapa feature baru.

Selain Ubuntu Desktop dan Server, Quantal Quetzal hadir pula kedalam beberapa edisi yang rilis secara resmi yaitu Ubuntu Cloud Server, Ubuntu ARM, Ubuntu Netboot, Ubuntu Core, Ubuntu Studio, Edubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, dan Mythbuntu.

Anda yang ingin mencobanya bisa mengunduh melalui situs resminya, Ubuntu.com. Dan bagi yang memiliki koneksi internet terbatas, bisa mendapatkan Ubuntu Desktop 12.10 versi 32-bit pada majalah Infokomputer edisi November ini.

Beberapa jam sebelumnya, Canonical juga mengumumkan versi berikutnya yaitu Ubuntu 13.04 dengan nama Raring Ringtail yang akan dirilis pada 25 April 2013 nanti.

Sumber - Infokomputer.com

No comments:

Post a Comment

Copy Paste Merupkan Pencurian Harta intelektual, Untuk itu jika Anda Ingin Copy Paste Silahkan Mencantumkan Sumbernya. Terimakasih

© e-komputer. All rights reserved.