iPhone 5 Hambat Laju NFC di Sektor Ritel



Sempat dianggap sebagai terobosan yang berprospek cerah, ternyata penggunaan teknologi NFC (Near-Field Communication) masih berjalan secara perlahan.
Seperti diketahui, teknologi NFC memungkinkan transfer data dan uang elektronik cukup dengan mendekatkan dua perangkat yang telah ditanami chip khusus.
NFC diharapkan dapat mempermudah proses transaksi, misalnya bagi para pemilik toko/ritel, karena konsumen tak perlu mengeluarkan kartu kredit/debit dari dompetnya. Mereka cukup mendekatkan ponselnya ke mesin kasir (POS/Point of Sale) yang sudah mendukung NFC dan transaksi pun terjadi.
Pada praktiknya, perkembangan NFC pada sektor ritel ini tidak secepat yang diharapkan. Juniper Research baru-baru ini merevisi prediksinya tentang nilai transaksi ritel dari NFC, dari US$180 miliar pada tahun 2017 menjadi US$110 miliar saja.
Dalam laporannya, Juniper menyebutkan bahwa keputusan Apple untuk tidak memasang chip NFC pada iPhone 5 berdampak negatif terhadap kepercayaan peritel dan pemilik brand pada NFC. Akibatnya,
penjualan mesin POS-NFC pun menurun dan kampanye NFC berkurang. Dampak lainnya, konsumen akan kian lambat mengadopsi NFC dalam transaksi ritel, sehingga timbullah “lingkaran setan”.
“Walaupun banyak vendor sudah memperkenalkan ponsel cerdas yang mendukung NFC, keputusan Apple tetap berefek signifikan pada teknologi ini. Soalnya, Apple biasanya sukses dalam mengedukasi publik mengenai layanan-layanan mobile terbaru,” ujar Windsor Holden (penyusun laporan dari Juniper Research).
Laporan ini juga menyebutkan, dampak dari keputusan Apple terhadap pertumbuhan NFC paling terasa di pasar Amerika Utara dan Eropa Barat. Nilai transaksi ritel berbasis NFC di kedua wilayah ini bakal terlambat dua tahun dibandingkan prediksi awal.
“Tanpa dukungan Apple, akan makin sulit untuk mengajak konsumen dan peritel untuk mau mengadopsi metode pembayaran jenis baru ini,” imbuh Windsor.

3 comments:

Copy Paste Merupkan Pencurian Harta intelektual, Untuk itu jika Anda Ingin Copy Paste Silahkan Mencantumkan Sumbernya. Terimakasih

© e-komputer. All rights reserved.